ISO Food Safety Standards Update

ISO Food Safety Standards Update

Safer Food, Better Health. Tagline ini merupakan tema dari Hari Keamanan Pangan Dunia.  Tantangan terkini di dunia adalah bagaimana akses terhadap makanan yang aman untuk mencapai kesehatan yang baik.  Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tema, “Safer Food, Better Health”, menyoroti pentingnya makanan yang aman dan bergizi dalam memastikan kesehatan dan kesejahteraan manusia. Kita semua memiliki bagian untuk berperan serta dalam memastikan hal tersebut dapat dicapai.  Apapun peranan yang kita lakukan, misalnya  menanam, mengolah, mengangkut, menyimpan, menjual, membeli, menyiapkan, atau menyajikan makanan, keamanan pangan merupakan tanggung jawab kita semua.

Dunia kita yang saat ini sangat saling terhubung menyadarkan kita akan dampak produksi makanan terhadap lingkungan dan risiko yang menyertainya terhadap kesehatan kita dari penyakit bawaan makanan, toksin, dan bahaya lainnya.  Produk makanan terus berpindah dari satu negara ke negara lain dalam rantai pasokan yang semakin kompleks, membuatnya rentan terhadap kontaminasi dan praktik buruk.  Membangun efisiensi dan ketahanan yang lebih besar ke dalam sistem pangan adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko ini dan memastikan sistem siap untuk memenuhi masalah pasokan pangan di masa depan.

Untuk itu, diperlukan sistem manajemen keamanan pangan yang dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya bahaya keamanan pangan pada rantai pasok tersebut.  Salah satu sistem manajemen keamanan pangan yang banyak diaplikasikan saat ini mengacu pada standar yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO).   Standar yang diterbitkan ISO, banyak mempromosikan penjaminan mutu  dan keamanan pangan, serta efisiensi rantai pasokan makanan "From Farm to Fork", membantu mencegah penyakit asal makanan, mendeteksi bakteri, dan mengelola risiko.  

Standar ISO 22000 tentang sistem manajemen keamanan pangan, misalnya, membantu semua jenis produsen makanan dalam mengelola keamanan produk pangan mereka dan memenuhi harapan konsumen mereka, memberikan jaminan dalam rantai pasokan makanan global, dan membantu produk melintasi batas negara.  

Untuk merayakan Hari Keamanan Pangan Sedunia, revisi ISO 22003 tentang sistem manajemen keamanan pangan (Bagian 1 dan Bagian 2) telah diterbitkan oleh ISO.  Standar ini  selanjutnya akan bermanfaat bagi komunitas global. Kedua standar tersebut dapat mendukung organisasi untuk mencapai sertifikasi keamanan pangan.   Sertifikasi tersebut akan memberikan kepercayaan kepada regulator dan konsumen bahwa lembaga sertifikasi yang melakukan sertifikasi keamanan pangan memenuhi persyaratan standar minimum untuk memberikan kepercayaan pada hasil keamanan pangan yang dicapai Organisasi.”

Dua standar terbaru ISO untuk mendukung pelaksanaan sertifikasi keamanan pangan adalah :

ISO 22003-1:2022
Food safety
Part 1: Requirements for bodies providing audit and certification of food safety management systems
ISO 22003-2:2022
Food safety
Part 2: Requirements for bodies providing evaluation and certification of products, processes and services, including an audit of the food safety system
Informasi lebih lanjut terkait penerbitan ISO 22003 Bagian 1 dan 2 dapat dilihat di website : www.iso.org 
Back to blog